Jakarta, PP Pergunu

Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) bekerjasama dengan Intitute Pesantren KH Abdul Chalim, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur kembali membuka beasiswa untuk program Sarjana (S1), Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3).

Ketua PP Pergunu, Aris Adi Leksono mengatakan program beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, khususnya Nahdliyin; meningkatkan daya saing sumber daya manusia Nahdliyin pada tingkat lokal, nasional, dan global; serta menyiapkan generasi masa depan yang tangguh, unggul, dan humanis.

“Pergunu mengundang para santri, pelajar, pemuda, dan guru Nahdliyin terbaik yang memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa ini. Penerima program beasiswa nantinya mendapatkan bebas uang gedung, bebas SPP selama masa studi S1 (4 tahun), S2 (2 tahun), dan S3 (1 tahun), bebas biaya asrama pesantren, bebas biaya pengajian pesantren,” kata Aris, Senin (17/5).

Beasiswa tersebut tidak meliputi biaya transportasi saat daftar ulang dan selama studi, studi pengenalan almamater, jas almamater, PPL, KKN, studi lapangan, seminar proposal skiripsi/tesis, sidang skripsi/tesis.

Adapun fakultas dan program studi yang dapat dipilih penerima beasiswa untuk program Sarjana (S1) meliputi Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru MI, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini pada Fakultas Tarbiyah. Kemudian Fakultas Syariah tersedia prodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Ahwalus Syakhsiyah.

Untuk Fakultas Dakwah dan Usuluddin beasiswa tersedia pada prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Ilmu Qur’an dan Tafsir.

“Untuk Pasca Sarjana (S2) tersedia prodi Manajeman Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam. Sedangkan untuk Doktoral (S3) beasiswa tersedia untuk program Pendidikan Agama Islam,” imbuh Aris.

Ketentuan Beasiswa

Beasiswa diberikan kepada kader terbaik utusan PW Pergunu yang telah menyelesaikan pengisian Database Anggata Simas Pergunu minimal sebanyak 250 Anggota, masing-masing (S1) 4 orang utusan, (S2) 2 orang utusan, dan (S3), 1 orang khusus pengurus Pergunu dibuktikan dengan SK Kepengurusan.

Calon penerima beasiswa lulus seleksi wilayah dan pusat, selanjutnya direkomendasikan PP Pergunu kepada Pimpinan IKHAC. Calon mahasiswa luar negeri direkomendasi PW Pergunu DKI Jakarta.

Seleksi beasiswa dilakukan oleh PW Pergunu masing-masing, dengan memperhatikan kompetensi akademik, kompetensi keagamaan, kompetensi Aswaja, dan kompetensi kepesantrenan.

“Seluruh mahasiswa beasiswa pendidikan PP Pergunu diizinkan mengajukan pilihan prodi, tetapi pihak IKHAC yang akan memutuskan sebagaimana hasil tes seleksi masuk di IKHAC. Seluruh mahasiswa beasiswa pendidikan PP Pergunu wajib mengikuti syarat dan peraturan yang ditetapkan pihak IKHAC,” imbuh Aris.

Persyaratan Calon Mahasiswa

Setiap calon mahasiswa penerima beasiswa ini wajib memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan umum meliputi;

1. Beraqidah Islam Ahlussunah wal Jamaah, dan cinta tanah air

2. Memiliki kompetensi membaca Al-Qur’an dengan tartil dan fasih

3. Mampu menulis huruf Arab dengan baik

4. Terdaftar sebagai Anggota Pergunu di Simas Pergunu pada pergunu.or.id, dibuktikan dengan kepemilikan nomor anggota berbasis Simas Pergunu.

5. Direkomendasikan oleh Pengurus Wilayah Pergunu setempat dan mengetahui PWNU setempat

6. Berkelakuan baik, dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian setempat

7. Tidak boleh menikah saat menempuh studi

8. Tidak tinggal di luar asrama dengan alasan apa pun

9. Selalu mengikuti Program pendalaman keislaman (ngaji kitab kuning)  sesuai jadwal yang diberikan pesantren

10. Calon mahasiswa terdaftar sebagai peserta BPJS.

Sementara untuk persyaratan khusus, calon mahasiswa penerima beasiswa;

1. Mengisi Formulir Pendafataran

2. Mengisi Surat Pernyataan Kesanggupan Mengikuti Program Kampus dan Pesantren

3. Untuk S1: salinan ijazah dan SHB (surat hasil belajar) terakhir, legalisir,  (SMA/SMK/MA/Sederajat) 3 lembar bagi yang sudah punya.

4. Untuk S2: salinan ijazah S1 dan Nilai SKS, dilegalisir, serta capture tanda terdaftar di Forlab Dikti, atau surat keterangan dari perguruan tinggi asal sedang proses didaftarkan dalam Forlab Dikti

5. Untuk S3: salinan jazah S1, S2 dan Nilai SKS, dilegalisir, serta capture tanda terdaftar di Forlab Dikti, atau surat keterangan dari perguruan tinggi  asal sedang proses didaftarkan dalam Forlab Dikti

6. Bagi yang belum punya ijazah, sementara dengan SK Lulus dari kepala/rektor sekolah/madrasah/perguruan tinggi, dengan ketentuan maksimal 1 bulan setelah diterima di IKHAC harus sudah menyampaikan salinan ijazah dan SHB (surat hasil belajar) terakhir, legalisir

7. Menyerahkan salinan KTP dan Kartu Keluarga masing-masing sebanyak 3 lembar

8. Salinan Kartu BPJS

9. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian setempat

10. Pas foto ukuran 3X4 sebanyak 2 lembar dan ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.

11. Lulus seleksi masuk, dibuktikan dengan SK mendapatkan beasiswa dari PP Pergunu.

Waktu dan Alur Pendaftaran

Aris menambahkan waktu dan alur pendaftaran program beasiswa ini adalah 10-20 Mei 2021 Sosialisasi beasiswa dalam dan luar negeri 20 Mei-10 Juni 2021 Pendaftaran pada tingkat PW Pergunu 1-20 Juni 2021 Seleksi berkas tingkat PW Test Akademik, Tes Ke-NU-An, Test Kepesantrenan Nasionalisme, (Baca Tulis Al-Qur’an, Solat, dan Lainnya) 20 Juni – 5 Juli 2021 Hasil Seleksi tingkat PW dikirimkan melalui surat resmi  PW kepada Sekretariat PP dengan scan berkas lampiran persyaratan khusus di atas, melalui Email:  pppergunu1666@gmail.com 6 – 14 Juli 2021 Pleno Penetapan Kelululusan 15 Juli 2021 Pengumuman Kelulusan.

“Bulan Juli 2021 perkiraan waktu daftar ulang dan Lapor Diri di Kampus IKHAC, dengan membawa berkas copy dan asli pada persyaratan khusus tersebut di atas,” kata Aris.

Selain itu, gelombang kedua akan dibuka, jika quota belum terpenuhi dan dikhususkan untuk PW Pergunu yang dinilai beprestasi dalam mengembangan organisasi. Untuk informasi terkait program tersebut dapat mengakses website: pergunu.or.id. Kontak informasi 085649137649 (Moejafar) atau 0899-8188-606 (Hasan). Pengiriman hasil seleksi dan scan berkas persyaratan hanya diterima melalui email: pppergunu1666@gmail.com.

Pewarta: Kendi Setiawan

Editor: Alhafiz Kurniawan