• ACUAN PELAKSANAAN

PROGRAM BEASISWA SARJANA (S1), PASCA SARJANA (S2), DOKTORAL (S3) 

PIMPINAN PUSAT PERSATUAN GURU NAHDLATUL ULAMA

(P E R G U NU)

Kerjasama

INSTITUT K.H. ABDUL CHALIM MOJOKERTO

Sekretariat;

Jl. Taman Amir Hamzah No. 05, Menteng, Jakarta Pusat No. Tlp. 021-31928356, E-mail; pppergunu1666@gmail.com Website: www.pergunu.or.id

PROGRAM BEASISWA SARJANA (S1), PASCA SARJANA (S2), & DOKTORAL (S3) PIMPINAN PUSAT PERSATUAN GURU NAHDLATUL ULAMA

 

  1. Latar Belakang Program

Berbagai kajian telah dilakukan untuk meningkatkan SDM Indonesia, diantara hasilnya sangat minimnya jumlah pemuda Indonesia yang dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, sarjana S1, apalagi magister dan doktor. Hal itu disebabkan berbagai factor diantaranya; biaya, akses informasi, serta akses layanan. Jika indeks kualitas SDM Indonesia salah satunya ditentukan jumlah penduduk yang menerima layanan pendidikan hingga perguruan tinggi, maka bagaimana mungkin kita akan memiliki indeks tinggi, jika masih banyak pamuda Indonesia tidak bisa merasakan pendidikan tinggi.

Terlebih dari itu, bahwa kompetisi berbasis kompetensi SDM sudah dangat terbuka dan menglobal. Lantas bagaimana mungkin Indonesia akan mampu bersaing kalau kemudian masih banyak SDM-nya tidak dapat akses pendidikan tinggi. Tentu pendidikan tinggi yang dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berkompetisi pada ranah lokal, nasional dan global. Data Statistik menyebutkan dari 10 lulusan sekolah tingkat menengah atas, hanya sekitar 3 s.d 4 orang yang mampu melanjutkan ke perguruan tinggi.

Secara internal organisasi, peningkatan SDM menjadi prioritas dalam upaya menjaga keberlangsuang NU. Salah satu upayanya adalah dengan mendorong santri, pelajar, dan pemuda untuk meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Karena ke depan pemenang kompetisi adalah orang-orang memiliki kompetensi dan skill yang responsive terhadap perkembangan zaman.

Atas dasar kondisi tersebut, PERGUNU bekerjasama dengan Intitute K.H. Abdul Chalim, Pacet, Mojokerto, merancang program wajib kuliah bagi pemuda, pelajar dan santri berlatar belakang Nahdliyin dari dalam maupun luar negeri, dengan memberikan beasiswa sarjana (S1), Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3).

B.   Tujuan Program

Program ini bertujuan:

  1. Meningkatkan kualitas SDM Indonesia, khususnya warga nahdliyin.
  2. Meningkatkan daya saing sumber daya manusia nahdliyin pada tingkat lokal, nasional, dan global
  3. Menyiapak generasi masa depan yang tangguh, unggul, dan humanis.

C.   Bentuk dan Sasaran Program

Atas dasar dan tujuan tersebut, PP PERGUNU memberikan beasiswa bagi santri, pelajar, pemuda, dan Guru nahdliyin berprestasi yang memenuhi syarat. Program beasiswa tersebut meliputi:

  1. Bebas uang gedung
  2. Bebas SPP selama masa study S1 (4 tahun), S2 (2 tahun), dan S3 (1 tahun)
  3. Bebas biaya Asrama Pesantren
  4. Bebas biaya pengajian pesantren

Biaya diluar tersebut menjadi tanggung peserta beasiswa, seperti: Transportasi Saat daftar ulang dan selama study, Study Pengenalan Almamater, Jas Almamater, PPL, KKN, Study Lapangan, Seminar Proposal Skiripsi/Tesis, Sidang Skripsi/Tesis.

D.   Fakutas dan Program Study

Fakultas dan program study Sarjana (S1), dan Pasca Sarjana (S2) yang tersedia adalah:

Sarjana (S1)

  1. Fakultas Tarbiyah
    1. Manajemen pendidikan Islam
    2. Pendidikan bahasa arab
    3. Pendidikan Guru MI
    4. Pendidikan Agama Islam
    5. Pendidikan Islam Anak Usia Dini

II. Fakultas Syariah

  1. Ekonomi Syariah
  2. Perbankan Syariah
  3. Ahwalus Syahsiyah

III.   Fakultas Dakwah dan Usuluddin

  1. Komunikasi dan Penyiaran Islam
  2. Ilmu Qur’an dan Tafsir

Pasca Sarjana (S2)

  1. Manajeman Pendidikan Islam
  2. Pendidikan Agama Islam

Doktoral (S3)

  1. Pendidikan Agama Islam

E.    Ketentuan Beasiswa

  1. Beasiswa diberikan kepada kader terbaik utusan PW Pergunu yang telah menyelesaikan pengisian Data Base Anggata SIMAS PERGUNU minimal sebanyak 350 Anggota, masing-masing (S1) 4 orang utusan, (S2) 2 orang utusan, dan (S3) 1 orang khusus pengurus pergunu dibuktikan dengan SK
  2. Lulus seleksi wilayan dan pusat, selanjutnya direkomendasikan PP Pergunu kepada Pimpinan
  3. Calon mahasiswa luar negeri direkomendasi PW Pergunu DKI Jakarta.
  4. Seleksi beasiswa dilakukan oleh PW Pergunu masing-masing, dengan memperhatikan kompetensi akademik, kompetensi keagamaan, kompetensi Aswaja, dan kompetensi
  5. Seluruh mahasiswa beasiswa pendidikan PP. PERGUNU diizinkan mengajukan pilihan prodi, tetapi pihak IKHAC yang akan memutuskan sebagaimana hasil tes seleksi masuk di
  6. Seluruh mahasiswa beasiswa pendidikan PP. PERGUNU wajib mengikuti syarat dan peraturan yang ditetapkan pihak
  7. Pengurus Wilayah Pergunu dan atau Pengurus Pusat Pergunu dapat membatalkan/mencabut beasiswa ditengah jalan apabila mahasiswa melanggar ketentuan.

F.    Persyaratan Calon Mahasiswa

  1. Pesyaratan Umum
    1. Calon mahasiswa beraqidah Islam Ahlussunah wal Jama’ah, dan Cinta Tanah Air.
    2. Calon mehasiswa memiliki kompetensi membaca al-Qur’an dengan tartil dan fasih,
    3. Calon mahasiswa mampu menulis arab dengan
  2. Terdaftar sebagai Anggota Pergunu di SIMAS PERGUNU, pergunu.or.id, dibuktikan dengan kepemilikan nomor anggota berbasis SIMAS PERGUNU
  3. Calon Mahasiswa direkomendasikan oleh Pengurus Wilayah PERGUNU setempat dan mengetahui PWNU
  4. Calon mahasiswa memiliki kelakuan baik, dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian setempat.
  5. Tidak boleh menikah saat menempuh studi,
  6. Tidak tinggal di luar asrama dengan alasan apa pun,
  7. Selalu mengikuti Program pendalaman keislaman (ngaji kitab kuning) sesuai jadwal yang diberikan pesantren,
  8. Calon mahasiswa terdaftar sebagai peserta.

2.  Persyaratan Khusus

  1. Mengisi Formulir Pendafataran
  2. Mengisi Surat Pernyataan Kesanggupan Mengikuti Program Kampus dan Pesantren
  3. Untuk S1: Foto Copy Ijazah dan SHB (surat hasil belajar) terakhir, legalisir, (SMA/SMK/MA/Sederajat) 3 lembar bagi yang sudah
  4. Untuk S2: Foto Copy Ijazah S1 dan Nilai SKS, dilegalisir, serta capture tanda terdaftar di Forlab Dikti, atau surat keterangan dari perguruan tinggi asal sedang proses didaftarkan dalam Forlab Dikti
  5. Untuk S3: Foto Copy Ijazah S1, S2 dan Nilai SKS, dilegalisir, serta capture tanda terdaftar di Forlab Dikti, atau surat keterangan dari perguruan tinggi asal sedang proses didaftarkan dalam Forlab Dikti
  6. Bagi yang belum punya Ijazah, sementara dengan SK Lulus dari kepala/rektor sekolah/madrasah/perguruan tinggi, dengan ketentuan maksimal 1 bulan setelah diterima di IKHAC harus sudah menyampaikan Foto Copy Ijazah dan SHB (surat hasil belajar) terakhir, legalisir,
  7. Foto kopy KTP dan Kartu Keluarga @3 Lembar
  8. Foto kopy Kartu BPJS
  9. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian setempat
  10. Pas Photo (3X4) 2 Lembar dan Uk. (4 x 6) 4 Lembar.
  11. Lulus seleksi masuk, dibuktikan dengan SK mendapatkan beasiswa dari PP PERGUNU

G.   Waktu dan Alur Pendaftaran

Tanggal Keterangan
25 – 30 Juni 2022 Sosialisasi beasiswa dalam dan luar negeri
1 Juli – 10 Juli 2022 Pendaftaran pada tingkat PW Pergunu
10 – 20 Juli 2022 Seleksi berkas tingkat PW

Test Akademik, Tes Ke-NU-An, Test Kepesantrenan Nasionalisme, (Baca Tulis Al-Qur’an, Solat, dan Lainnya)

20 Juli – 30 Juli 2022 Hasil Seleksi tingkat PW dikirimkan melalui surat resmi PW kepada Sekretariat PP dengan scan berkas lampiran peryaratan khusus di atas, melalui Email:

pppergunu1666@gmail.com

1 – 3 Agustus 2022 Pleno Penetapan Kelululusan
5 Agustus 2022 Pengumuman Kelulusan
Agustus 2022 Perkiraan Waktu Daftar Ulang dan Lapor Diri di Kampus

IKHAC, dengan membawa berkas Copy dan Asli pada persyaratan khusus tersebut di atas.

Gelombang Ke-2 akan dibuka, jika quota belum terpenuhi, dan dikhususkan untuk PW Pergunu yang dinilai beprestasi dalam mengembangan organisasi
  1. Layanan Informasi

Untuk informasi terkait pragram tersebut, dapat mengakses website: www.pergunu.or.id, Kontak Informasi; 085649137649 (Moejafar) atau 0899-8188-606 (Hasan). Pengirimana hasil seleksi dan scan berkas persyaratan hanya diterima melalui email: pppergunu1666@gmail.com

I.    Penutup

Demikian acuan program dibuat, agar dapat dipergunakan menjalankan kegiatan sesuai aturan yang berlaku.

Wallahul Muwaffiq Ilaa Aqwamith Thoriqi

 

Jakarta, Juni 2022

FORMULIR PENDAFTARAN COLON MAHASISWA

PROGRAM SARJANA (S1), PASCA SARJANA (S2), & DOKTORAL (S3)

 

PILIHAN JURUSAN                                               : (S1/S2) ……………………………

NOMOR ANGGOTA SIMAS PERGUNU: ………………………………………

 

  1. Data Diri

Nama                         : ………………………………………………………………

NIP/NIK                      : ………………………………………………………………

Pekerjaan                  : …………………………………………………………………

Tempat Tugas           : ……………………………………………………………

Jenis Kelamin          : ……………………………………………………………

Agama                       : …………………………………………………………

Alamat Rumah         : …………………………………………………………

…………………………………………………………… Kabupaten : ……………………………………………………………… Provinsi      : ……………………………………………………………… Tlp./HP       : …………………………………………………………… Email  : ………………………………………………………………

  1. Riwayat Pendidikan

Nama Sekolah/Madrasah : ………………………………………………

Tahun Lulus                         : …………………………………………………

Nomor Ijazah            : ……………………………………………………

….……………………………… Hormat Kami,

 

(.………………………………………)

SURAT PERNYATAAN CALON MAHASISWA BEASISWA PERGUNU – IKHAC

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ……………………………………………………….
Tempat dan Tanggal Lahir : ………………………………………………………..
Alamat : ………………………………………………………
Utusan PW : ………………………………………………………
Nama orang tua : …………………………………………………………
Nomor HP. Orang Tua : ………………………………………………………..

Dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab bersedia mengikuti program beasiswa PERGUNU – IKHAC. Dengan berjanji memenuhi peraturan sebagai berikut:

  1. Mentaati segala peraturan dan tata tertib mahasiswa dan satri IKHAC dan Pesantren Amanatul Ummah.
  2. Bersedia mengukuti program kuliah dan program kepesantrenan, seperti: Unit Kegiatan Mahasiswa, Solat Malam, Mengaji Kitab Kuning, Solat berjamaah, dll
  3. Berpakaian dan berpenampilan sebagai peranturan mahasiswa dan satri IKHAC dan Pesantren Amanatul Ummah.
  4. Tidak menikah saat menempuh studi,
  5. Tidak tinggal di luar asrama dengan alasan apa pun,
  6. Tidak mengedarkan atau mengkonsumsi minuman keras/narkoba/rokok dan sejenisnya
  7. Tidak berhubungan dengan lawan jenis/sejenis diluar batas hukum syara’.
  8. Menerima segala bentuk sanksi yang diberikan, apabila terbukti
  9. Pada tingkat pelanggaran tertentu dan tahap peringatan tertentu, mahasiswa siap dikembalikan pada asal provinsi yang

Demikian surat pernyatan ini dibuat, agar dapat dipergunakan sebagaiman mestinya. Mengetahui;                                                                                                …………….,…………….. 2022

Orang Tua/Wali                                                                    Calon Mahasiswa

Materai 6000

(.…………………………)                                                     (……………………………)